4 Level Stadium Kanker Kelenjar Getah Bening

Stadium merupakan sebutan untuk tingkat keparahan / akutnya suatu penyakit. Apabila kanker kelenjar getah bening masih berada di stadium 1 atau 2 masih mempunyai banyak kesempatan untuk bisa sembuh dengan pengobatan tertentu. Akan tetapi, bila Anda sudah terlambat mengatasi kanker kelenjar getah bening dan sudah mencapai stadium 4 maka akan sulit untuk disembuhkan. Meskipun harus mengambil tindakan operasi yang memiliki resiko tinggi.

  • Stadium 1
    Pada tahap stadium ini sel sel ganas belum menyerang bagian jaringan tubuh atau kelenjar getah bening, tapi baru sampai pada bagian tubuh seperti paru paru.
  • Stadium 2
    Dalam stadium ini sel yang tidak normal akan mengenai minimum 2 bagian kelenjar getah bening / mengenai 1 jaringan kelenjar getah bening serta satu organ tubuh.
  • Stadium 3
    Ketika mencapai stadium ini, sel ganas atau abnormal ini berada di dalam bagian diafragma tubuh baik pada bagian atas dan bawah. Dan juga terdapat pada satu organ tubuh lainnya di daerah kelenjar getah bening.
  • Stadium 4. Tahap akhir kanker kelenjar getah bening ini adalah sel ganas sudah menyerang satu organ di hati atau sumsum tulang, jaringan kelenjar getah bening dan jaringan lainnya seiring dengan hilangnya sistem kekebalan tubuh karena kanker sudah merusak hampir semua kelenjar getah bening.

Tentu sebelum penyakit kanker yang diderita menjadi bertambah parah kita harus sangat mewaspadai gejala gejala yang timbul. Kanker kelenjar getah bening dibagi menjadi dua jenis yaitu: kanker kelenjar getah bening hodgkin dan kanker kelenjar getah bening non-hodgkin. Berikut penjelasannya:

  1. Hodgkin, jenis kanker getah bening (limfoma) yang ditandai dengan terjadinya pembesaran getah bening dan limpa tanpa disertai dengan adanya rasa sakit. Jenis kanker ini sangat toleran pada jaringan limfoid dan pertumbuhan yang abnormal sel terjadi secara cepat. Limfoma ini biasanya menyerang laki laki dan perempuan yang berusia 15 sampai 35 tahun, seseorang yang memiliki kelainan dalam fungsi sistem kekebalan seluler tubuh (sel-T) walaupun produksi antibodi normal.
    Mengenali gejala-gejala penyakit getah bening jenis Hodkin’s antara lain :
    Terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening diseluruh bagian tubuh seperti pada leher, ketiak, dan lipat paha ( yang tanpa adanya rasa nyeri ).
    •    Demam.
    •    Berkeringat (hal ini terjadi pada malam hari).
    •    Nafsu makan berkurang.
    •    Mengalami penurunan berat badan.
    Semakin mengembang, sel-sel abnormal akan menjalar pada kelenjar getah bening disekitarnya dan mulai mengenai struktur lain termasuk juga paru-paru, hati, dan organ-organ abdominal.
  2. Non Hodgkin, merupakan sebuah kanker ganas yang berasal dari limfonodus dan jaringan limfa lainnya. Limfoma jenis non hodgkin ini biasanya sering sekali terjadi pada laki laki yang lebih utama ketika sudah berusia diatas 50 tahun. Semakin tua usia seseorang maka semakin tinggi pula resiko seseorang untuk terserang limfoma.

Baca juga info mengenai obat herbal kanker kelenjar getah bening

Mengenali gejala gejala penyakit getah bening jenis non hodgkin antara lain :
•    Kelenjar getah bening yang membesar.
•    Demam.
•    Merasa capek
•    Mengeluarkan keringat pada malam hari.
•    Mengalami penurunan berat badan.
•    Mengalami pembesaran pada tonsil dan kelenjar adenoid, limfonodus dan disekitarnya yang menjadi kemerahan.

Source : www.huffingtonpost.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *